Kamis, 07 November 2019

Pola Makan, Olah Raga dan Energi


Pola Makan, Olah Raga dan Energi




https://api.whatsapp.com/send?phone=6281212233535

IG : @kiawan357

Youtube : Ki Awan


Banyak orang sy perhatikan memiliki pola makan yang kurang baik, namun mengagung agungkan olah raga. Mereka berpikir dengan dua kata "sakti " tersebut hidup akan sehat selalu.

Mereka tidak sadar bahwa pola makan dan diet ketat merupakan "pareto" dari sebuah kesehatan.
Mereka tidak paham berolah raga dengan pola makan buruk " bisa jadi" lebih berbahaya dari pada orang dengan pola makan yg sama namun tidak berolah raga. Kok bisa bozz ?  .....

Walau ini perlu didukung penelitian lebih jauh, namun penulis banyak mengobervasi adanya fenomena tersebut.

Sejak kecil kita selalu didengung dengungkan pentingnya olah raga, hal itu direalisasikan dengan adanya pelajaran jasmani dan olah raga praktek di sekolah.  Beranjak remaja hal tersebut masih sama, jargon olah raga kencang ditiupkan oleh berbagai sponsor di event2 sport.

Kontra dengan hal itu, sy rasanya belum melihat pentingnya penekanan diet ketat dan pentingnya menjaga porsi makan. Paling banter hal itu diulas dengan pelajaran tata boga selama kita disekolah.
Kalaupun ada di mata pelajaran lain sy kira porsi amat dikit dan jauh dibandingkan dengan olah raga.

Tidaklah heran apabila mind set mayoritas masyarakat Indonesia lagi lagi amat kurang meliat diet makan sebagai sesuatu yang penting.

Kasus obesitas marak terjadi bahkan pada usia dini. Asupan karbo yg berlebihan menjadi salah 1 faktor penyebabnya.

Sy bukan orang yg anti olah raga, sebaliknya justru "maniac " akan aktivitas tersebut. Namun demikian perjalan hidup telah mengajarkan sy byk hal. Salah 1 nya adalah penting utk menjaga asupan makan. Bahkan hal ini lebih utama dari olah raga itu sendiri.

Bicara dunia sport memang tidak ada habisnya, didukung dengan promosi gila gilaan, event spektakuler dengan nilai ekonomi di belakang menjadi candu positif bagi sebagian besar orang.

Jarang sekali organisasi / LSM / kemasyarakatan khusus memsosialisasikan pola makan sehat ke masyarakat. Bandingkan dengan kampanye senam aerobik di kampung kampung ;)

Again, kenyataan berbicara demikian, pada intinya diet sehat bukan kata seksi utk sebagian besar orang, khusus nya di Indonesia. Sebaliknya Olah Raga menjadi dewa tumpuan demi menggapai kesehatan.

Coba sering sering lah bertanya dan konsul ke para atlet,......maka jawaban menarik akan didapatkan.
Dari byk artikel yg penulis baca, para atlet sangat tau arti penting nutrisi dan pola makan, karena itu merupakan salah 1 faktor kunci kesuksesan / achievement mereka.

So, bila para atlet professional saja melakukan diet ketat.... kenapa kita tidak melakukannya :)

Trus Apa Hubungannya dengan Energi ? 




Sebuah Ferrari membutuhkan bahan bakar kelas atas untuk mendukung performanya. Begitu juga F1 membutuhkan oktan sesuai utk keperluan kompetisi balap.

Bila anda berolah raga.... apalagi dengan dosis berat tanpa menjaga pola makan, sama saja memacu kendaraan balap dengan mengandalkan premium.

Hasilnya klep mesin jebol,..mesin overheat, banyak komponen terganggu dan  rusak. Begitu juga tubuh anda, apalagi bila hal ini dilakukan dalam jangka panjang.

Sudah tidak terhitung orang awam meninggal karena berolah raga. Bukan olah raga nya yang salah, namun individu nya yg kurang cakap dan bijak menyikapi. Kalangan selebritis kerap digemparkan dengan berita kematian akibat " berolah raga ". Lagi lagi bila dicermati dan diselidiki sampai ke akar rumput,...pola makan menjadi salah 1 penyebab dominan.

Diet yg bagus akan melahirkan kestabilan hormon dalam diri anda. Metabolisme lebih bagus dan peredaran darah lebih lancar. Gizi baik dan seimbang membuat elektrolit dan elektron2 dalam diri anda lbh sempurna bekerja. Pada hakekatnya, biolistrik dan power fisik menunjang segala aktivitas termasuk spiritual.

Energi dan Puasa

Pada tahap lebih lanjut,..puasa merupakan sebuah tingkatan lebih tinggi dari sekedar diet. Dengan berpuasa segala kotoran dapat tereliminasi sedikit demi sedikit. Ditambah sikap batin yang + maka tidak hanya aspek fisik, tentu menyentuh pembersihan jiwa.

Sudah bukan rahasia umum puasa menjadi short cut bagi para praktisi kebatinan dalam memompa power dan skill mereka ke tahap yg lebih tinggi / murni.

Dengan berpuasa energi akan lebih cepat bersirkulasi dan dicerna oleh jiwa raga. Dengan fisik yang lemah justru jiwa menjadi kuat. Tenaga2 batin akan banyak masuk seiring dengan lelaku dan ritual yg dijalani seseorang.

Bukan olah raga yg mengantarkan praktisi ke tahap spiritual lebih tinggi tapi puasa dan lelaku batinlah sebagai aspek kunci nya :)

Penutup

Olah raga dari satu sisi memberikan efek rekreasi kepada tubuh. Membuat asupan oksigen lebih banyak, dan massa tulang lebih padat. Ada segudang manfaat dari olah raga yang beberapa overlapping dengan manfaat sebuah diet ketat.

Dari sisi kebatinan, olah raga lebih diarahkan kepada gerak fisik macam kanuragan dan jurus jurus pernafasan. Olah nafas menjadi salah satu cara untuk membangkitkan kekuatan tenaga dalam di diri anda. Lebih dari senam aerobik yang memberikan kebugaran fisik, olah napas mampu memberikan ketenangan sampai ke jiwa yg terdalam.

Praktisi batin berpengalaman dan berwawasan akan memanfaatkan olah raga sebagai salah 1 pilar dari kekuatan spiritualnya. Disamping berbagai lelaku ritual, doa, mediasi dan puasa itu sendiri.

Salam Diet, Salam Energi



Ki Awan
Magic Glow Team

**. Hati hati segala bentuk penipuan !! yang mengatasnamakan Ki Awan / Magic Glow Team. Komunikasi selalu dilakukan melalui 2 alternatif berikut :

www.magicglowteam.com  /  WA : 0812-1223-3535











Tidak ada komentar:

Posting Komentar